Breaking News

Sunday 19 February 2012

PERKEMBANGAN SISTEM BUS


Bus merupakan lintasan komunikasi yang menghubungkan dua atau lebih komponen-komponen komputer. Sebuah bus yang menghubungkan komponen-komponen utama komputer disebut sebagai Bus System. Biasanya sebuah Bus System terdiri
dari 50 hingga 100 saluran yang terpisah.
Bus System dapat dibedakan atas:
a.              Data Bus ( Saluran Data )
b.             Address Bus ( Saluran Alamat )
c.              Control Bus ( Saluran Kendali )
Elemen-Elemen Rancangan Bus
a.  Jenis bus
1.            Dedicated
Merupakan metode di mana setiap bus ( saluran ) secara
permanen diberi fungsi atau subset fisik komponen komputer.
2.            Time Multiplexed
Merupakan metode penggunaan bus yang sama untuk berbagai
keperluan,sehingga menghemat ruang dan biaya.     
b.   Metode Arbitrasi
Metode arbitrasi adalah metode pengaturan dari penggunaan bus, dan dapat dibedakan atas :
1.     Tersentralisasi : menggunakan arbiter sebagai pengatur sentral
2.     Terdistribusi : setiap bus memiliki access control logic
c.   Timing
Timing berkaitan dengan cara terjadinya event yang diatur pada bus system, dan dapat dibedakan atas :
1.  Synchronous
       Terjadinya event pada bus ditentukan oleh clock ( pewaktu )
2. Asynchronous
      Terjadinya sebuah event pada bus mengikuti dan tergantung
    pada event sebelumnya
d.  Lebar Bus
      Semakin lebar bus data, semakin besar bit yang dapat ditransfer pada suatu saat.
e. Jenis Transfer Data
    Transfer data yang menggunakan bus di antaranya adalah :
1. Operasi Read
2. Operasi Write
3. Operasi Read Modify Write
4. Operasi Read After Write
5. Operasi Block

1.1  Omnibus (PDP-8)
-          Omnibus(PDP-8) merupakan sistem bus yang diciptakan pada tahun 1964
-          Omnibus terdiri dari 96 buah lintasan signal yang terpisah, yang digunakan untuk membawa signal-signal kontrol, alamat, dan data. Karena semua komponen-komponen sistem menggunakan bersama sejumlah lintasan signal, penggunaannya harus dikontrol oleh CPU.
-          Omnibus tidak memerlukan air conditioned room.

1.2  Unibus (PDP-11)
-          PDP-11 adalah serangkaian 16-bit minicomputer yang dijual oleh Digital Equipment Corp dari tahun 1970, salah satu suksesi produk di PDP seri ke 1990-an. The-PDP 11 menggantikan  PDP-8 di banyak aplikasi real-time , walaupun kedua lini produk tinggal di paralel selama lebih dari 10 tahun. TPDP 11 memiliki fitur unik beberapa inovatif, dan lebih mudah untuk program dibandingkan pendahulunya dengan penggunaan dari register umum
-          Fitur Desain PDP-11 mempengaruhi desain mikroprosesor lain seperti Motorola 68000  serta sistem operasi lain dari Peralatan Digital , juga mempengaruhi desain sistem operasi lain seperti CP / M dan dengan demikian juga MS-DOS  . Versi resmi pertama bernama Unix dirilis pada PDP-11/20 tahun 1970. Ini menggunakan bahasa pemrograman C untuk mengambil keuntungan dari fitur pemrograman  PDP-11 seperti menulis ulang byte pengalamatan untuk Unix dalam bahasa tingkat tinggi.
-          PDP-11 arsitektur
PDP-11 adalah sebuah set instruksi arsitektur yang dikembangkan oleh Digital Equipment Corporation (DEC). Hal ini dilaksanakan oleh unit pengolahan pusat (CPU) dan mikroprosesor yang digunakan dalam minicomputer dengan nama yang sama.

Manajemen memori

Alamat PDP 11 16-bit dapat mencapai  64KB. Pada saat PDP-11 yang dihasilkan ke VAX, 8-bit byte dan notasi heksadesimal telah menjadi standar dalam industri, namun nilai numerik pada PDP-11 selalu digunakan notasi oktal, dan jumlah memori yang terpasang pada PDP- 11 selalu dinyatakan sebagai jumlah kata. Dasar alamat logika ruang adalah 32K kata-kata, tetapi 4K tinggi (alamat 160000 melalui 177.777) tidak dihuni karena input / output register di bus hanya merespon  ke alamat dalam kisaran tersebut.
Memori Ekspansi
PDP-11 menjelaskan bagaimana ruang alamat logis-16bit  menjadi tak dapat diatasi keterbatasannya. Selama keberadaan PDP-11, teknik-teknik berikut digunakan untuk mengatasi keterbatasan tersebut :
Ø  Processor model PDP-11 selanjutnya menyertakan  manajemen memori untuk mendukung pengalamatan virtual . Ruang alamat fisik diperluas dari 18-22  bit hingga 256 KB -4 MB RAM. Ruang alamat logis (yaitu, ruang alamat yang tersedia setiap saat tanpa mengubah tabel pemetaan memori) masih terbatas untuk 16 bit.
Ø  Beberapa model, dimulai dari PDP-11/45, bisa diatur untuk menggunakan kata-kata 32K (64K bytes) sebagai "ruang instruksi" untuk kode program dan terpisah 32K kata-kata dari "ruang data.". Beberapa sistem operasi, khususnya Unix sejak edisi V7, dan RSX11-M +, mengandalkan fitur ini.
Ø  Teknik Pemrograman yang bisa menyembunyikan masalah paging dari pemrogram aplikasi.

1.3    Multibus (8086)
-               Multibus adalah komputer bus standar yang digunakan dalam sistem industri. Ini dikembangkan oleh Intel Corporation dan diadopsi sebagai IEEE bus 796 
Spesifikasi Multibus itu penting karena itu kuat, dipikirkan dengan baik distandardkan dengan  industri yang faktor bentuk  relatifnya  besar sehingga perangkat yang kompleks dapat dirancang di atasnya. Standar industri yang jelas dan terdokumentasi dengan baik memungkinkan industri Multibus-kompatibel untuk tumbuh di bidang itu. Ada banyak perusahaan membuat kandang kartu dan lampiran untuk itu. Banyak orang lain membuat CPU , memori, dan papan perifer lainnya. Pada tahun 1982 ada lebih dari 100 Multibus board dan sistem produsen  . Sistem yang kompleks ini dibangun dari rak komersial off-- hardware. Hal ini juga memungkinkan perusahaan untuk berinovasi dengan merancang sebuah board Multibus eksklusif dan kemudian mengintegrasikannya dengan vendor hardware lain untuk menciptakan sebuah sistem.

-               Arsitektur Multibus

Multibus adalah bus  asynchronous yang menampung perangkat dengan berbagai kecepatan transfer sementara tetap menjaga maksimum throughput . Itu memiliki 20 baris alamat sehingga dapat mencapai alamat hingga 1 Mb memori Multibus dan 1 Mb lokasi I / O. Multibus Kebanyakan perangkat I / O hanya menterjemahkan 64 Kb pertama dari ruang alamat.
Multibus didukung multi-master dengan fungsionalitas yang memungkinkan untuk membagi  Multibus dengan prosesor ganda dan perangkat DMA lainnya.
Bentuk standar Multibus adalah 12-inch-wide (300 mm), 6,75-inci-dalam (171 mm) papan sirkuit dengan dua tuas ejeksi di tepi depan. Papan memiliki dua bus. Bus P1 yang lebih lebar dimana pin penugasan yang lebih luas didefinisikan oleh spesifikasi Multibus. Bus P2 kedua yang lebih kecil juga didefinisikan sebagai bus pribadi. 

Untuk selangkapnya silahkan Download dibawah ini

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan nama anda, atau akun anda
Jangan menggunakan "Anonymous"

Designed By Published By Kaizen Template - Support KaizenThemes